Sabtu, 09 Agustus 2014

Bintang Terbesar Di Galaksi Bima Sakti


    Ada yang tau gak, bintang apa yang paling besar di galaksi yang kita tinggali ini..?? Dari gambarnya sih kaya matahari ya...tapi jangan salah sob, ini bukan matahari.. Besar matahari bukan apa-apa bagi bintang raksasa ini.. Ya udah, dari pada bingung nebaknya saya kasih tau aja deh.. Nama bintang merah raksasa ini adalah ANTARES ... Baru pertama kali denger ya...?? Ya udah kita bahas..

    Antares (α Scorpio / Alpha Scorpio) adalah bintang super raksasa merah yang terletak di rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 pada langit malam. Bersama denganAldebaranSpica, dan Regulus, bintang ini merupakan salah satu dari empat bintang paling terang di dekatekliptika.Karena bintang ini sangat besar, bintang yang dalam tata surya terbesar yaitu Matahari sangat kecil dibanding Antares yang sangat besar. Lihat gambar di bawah..


    Antares dengan klasifikasi bintang M1.5Iab-b mampunyai jari-jari sekitar 883 kali besar matahari.. Liat gak sob, matahari yang segitu besarnya cuma titik bagi antares kebayang sob besarnya segimana.. 

Bagaimana cara untuk meelihat antares ?


    Lihat gambar disamping. Antares mewakili atau disebut Hati Scorpio bisa juga Jantung Scorpio. Antares yang terang  kemerahan, juga dikenal sebagai Alpha Scorpii - mudah untuk menemukan pada malam musim panasIni adalah bintang paling terang - danjelas berwarna kemerahan,
dalam pola berbentukbintang yang dikenal sebagai konstelasi Scorpius atauScorpionJika Anda melihat ke selatan di malam awal dari akhir musim semi ke awal musim gugur,






Anda mungkin memperhatikan pola pancing, dengan rubyAntares sebagai hatinya.
Sejarah dan Mitos    Antares dalam bahasa Yunani "Menentang Mars" atau "menyaingi Mars." Bagian pertama, "Ant" berasal dari akar yang sama sebagai "anti", dan nama Mars adalah "Ares". Jadi Antares adalah "Anti-Mars" sebagai saingan mars.
Tapi, untuk beberapa tahun terakhir ini, warna mars terlihat lebih terang dari sebelumnya. Meskipun kecerahan mars lebih lemah dari antares, tapi setiap tehunnya mars mendekati kecerahan antares, yang sering disebut “pengejek bintang”. Posisi antares  RA:16h 29m 24s.


Anatomi

    Suhu permukaan antares sekitar 3500 derajat kelvin ( 5800 derajat farenheit ). Ini berbeda sekitar 10.000derajat farenheit dengan matahari kita. Walaupun suhu antares relatif rendah, tapi permukaannya yang luar biasa luasnya membuat cahaya dapat melarikan diri yang membuat bintang ini sangat cerah. Bahkan, antates mendekati  11.000 kali kecerahan matahari kecil kita.. Tapi itu hanya dalam cahaya tampak, ketika seuam gelombang radiasi elektromagnetik dianggap, antares mengeluarkan lebih dari 60.000 kali energy matahari kita… Hebat banget ya.. karena ukuran antares yang sangat besar, ia bisa saja meledak menjadi supernova kapan saja.. Jika itu terjadi akan menjadi pemandangan langit yang indah yang berlangsung berminggu-minggu..dan itu tidak akan mempengaruhi bumi...

Liat gambarnya..
Merah banget 'kan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar