Sabtu, 20 Juni 2015

Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman Plastik



Bahayanya mengisi ulang air kedalam bekas botol plastik itu dapat diketahui melalui kode botol yang tertera dibawah. Pada postingan yang lalu telah dibahas tentang Bahayanya tersebut (Baca: Bahayanya mengisi ulang air kedalam botol).  Posting kali ini akan membahas arti dari 7 simbol yang tertera dalam kemasan botol air mineral.
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman Plastik
Jenis ke 1
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikTanda ini berupa logo daur ulang dengan angka 1 di dalam dan terdapat tulisan PETE atau PET atau polyethylene terephthalate. Plastik jenis ini biasa dipakai untuk botol plastik, berwarna jernih/ transparan/tembus pandang seperti botol air mineral dll. Perlu anda ketahui, botol ini HANYA SEKALI PAKAI. Jangan anda gunakan lagi untuk untuk menyimpan air hangat atau panas, karena  mengakibatkan lapisan polimer yang ada pada botol akan meleleh serta mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.
Jenis ke 2
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikSeperti gambar daur ulang dan didalamnya ada tulisan bernomor 2, dan tulisan HDPE (high density polyethylene) pada bagian bawah segitiga. Biasanya, HDPE biasa dipakai untuk galon air minum, botol susu, tupperware, dan lain sebagainya. Pada HDPE mampu mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya.
Perlu anda ketahui bahwa HDPE juga direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PEMAKAIAN, pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. Jadi tidak boleh diisi ulang lagi
Jenis ke 3
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikPada jenis plastik ini sangat sulit didaur ulang. Tulisan V itu berarti PVC(polyvinyl chloride). Plastik ini berbahaya untuk kesehatan, karena dalam PVC mengandung DEHA yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC. HINDARI PEMAKAIAN PLASTIK JENIS INI
Jenis ke 4
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikPada simbol daur ulang yang bertuliskan LDPE (low density polyethylene)yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi). Plastik tipe ini biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek. Plastik jenisini BAIK UNTUK TEMPAT MAKANAN dan daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, namun kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.
Jenis ke 5
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikUntuk  logo daur ulang dengan angka 5 didalamnya dan tulisan PP(Polipropilen) adalah pilihan bahan plastik terbaik. Untuk tempat makanan ataupun minuman, BOTOL INI AMAN.
Jenis ke 6
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikPS merupakan singkatan dari polystyrene yang ditemukan tahun 1839, oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Jerman secara tidak sengaja. Bahan dengan jenis ini HARUS DIHINDARI, karena berbahaya pada kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanitai, dan pertumbuhan dan sistem syaraf. Untuk men-daur ulang PS memerlukan proses yang sangat panjang dan sangat lama. Apabila dibakar, bahan ini akan memancarkan api berwarna yang kuning jingga, serta meninggalkan jelaga.
Jenis ke 7
Inilah arti dari 7 Kode Botol Minuman PlastikSeperti gambar disamping, Plastik 7 Other ini memiliki 4 jenis, yaitu PC -polycarbonate, SAN - styrene acrylonitrile, ABS - acrylonitrile butadiene styrene, dan Nylon. Anda dapat menemukan jenis OTHER pada tempat makanan dan minuman,  suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, dan kemasan plastik lainnya.
Plastik jenis PC, TIDAK DIANJURKAN UNTUK DIPERGUNAKAN terhadap apapun. Sedangkan SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.
Jadi, anda harus bijak dalam memilih kemasan botol plastik tersebut. jenis plastik dengan kode 1, 3, 6, dan 7 (PC) memiliki bahaya secara kimiawi. Ini hanya sekali pakai saja.
Jika anda menggunakan plastik dengan kode 4, 5, dan 7 (SAN atau ABS) maka aman untuk digunakan. Hindari kontaminasi zat warna plastik dengan makanan. Bisanya plastik berwarna hitam digunakan untuk membungkus makanan yang masih panas, zat pewarna hitam ini jika terkena panas akan terurai, terdegradasi menjadi bentuk zat radikal beracun.  Hal ini berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan sel tubuh berkembang tidak terkontrol. Sekian postingan dari saya,,,Terima Kasih atas perhatiannya.. Wassalamu'alaikum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar