Jumat, 17 Oktober 2014

Cara Melatih Otak Anda Agar tetap Fokus

Tetap Fokus
Sebagai seorang pengusaha, Anda pastinya memiliki banyak hal untuk dikerjakan. Untuk dapat tetap Fokus bisa menjadi hal yang sulit. Karena ada saat ketika kita harus mengatur karyawan, berhubungan dengan klien, membaca email dan menerima panggilan telepon yang masing-masingnya memerlukan perhatian.
Dan David Rock, co-founder dari NeuroLeadership Institue dan penulis buku Your Brain at Work(HarperCollins, 2009) memberikan 3 Cara Melatih Otak Anda Agar tetap Fokus :

 1. Lakukan Hal Kreatif terlebih dahulu.

Biasanya, kita akan melakukan hal yang mudah terlebih dahulu dan kemudian melanjutkan dengan yang lebih sulit. yang mana hal tersebut akan menguras energi dan mengurangi fokus. “Setelah beberapa jam bekerja, Anda akan memiliki kapasitas yang lebih rendah dibandingkan diawalnya” Rock berkata bahwa “Setiap keputusan yang kita membuat lebih lelah otak”
Untuk membuat fokus kita lebih efektif, baliklah urutannya. selesaikanlah tugas yang memerlukan kretivitas atau konsentrasi di pagi hari dan kemudian melanjut ke pekerjaan yang lebih mudah seperti menghapus email atau mengatur meeting kemudian.

2. Alokasi Waktumu dengan Baik.

Dengan mempelajari ribuan orang, Rock menemukan bahwa kondisi ketika kita benar-benar fokus hanya rata-ratanya enam jam setiap minggunya.Rock menyampaikan bahwa “Anda harus benar-benar memilih tugas yang penting untuk dikerjakan pada jam-jam tersebut”
Kebanyakan orang memiliki fokus terbaiknya di pagi hari atau di malam hari, dan Rock mempelajari bahwa 90 persen dari orang dapat mencapai kemampuan berpikir terbaik ketika diluar kantor. Sadari kapan dan dimana ketika Anda mendapatkan fokus terbaik, dan kemudian alokasikan tugas yang sulit pada moment tersebut.

3. Latihlah Otak Anda seperti Otot.

Ketika multitasking menjadi hal yang normal, otak anda dengan cepat beradaptasi sehingga Anda pun kehilangan kemampuan untuk fokus karena mengijinkan adanya gangguan. “Kita melatih otak kita menjadi tidak fokus”
Latihlah konsentrasi dengan menghilangkan semua gangguan dan memfokuskan perhatian anda pada satu pekerjaan. Mulailah dari hal kecil, mungkin 5 menit setiap harinya dan tambahlah waktunya secara berkala. jika anda mendapatkan pikiran Anda sedang melamun, kembali sajalah terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan. “hal tersebut seperti menjaga kondisi tubuh agar tetap fit” Rock berkata “Anda perlu membangun otot untuk dapat fokus.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar